Kamis, 09 April 2015

Peningkatan Kompetensi IT Guru Kota Tegal dan sekitarnya

[ from : Formulasi Kota Tegal ]  
Tegal ~ Seiring dengan rangkaian Peringatan Hari Jadi Kota Tegal ke 435 Tahun 2015, Forum Multimedia Edukasi (Formulasi) Kota Tegal berkolaborasi dengan Formulasi Kabupaten Tegal dan Brebes mengadakan kerjasama dengan Microsoft Indonesia menyelenggarakan Pelatihan tentang: " Implementasi Teknologi, Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran, berlangsung pada hari Ahad, 5 April 2015 di Gedung Bina Graha Teknika SMK Negeri 3 Tegal, Jalan Gajahmada 72D Tegal. Pelatihan ini merupakan wujud peningkatan kompetensi guru serta sebagai wahana pengembangan keprofesionalan berkelanjutan. Diikuti 177 guru yang terdiri dari guru TK sampai SMK/SMA Kota Tegal dan sekitarnya. Berdasarkan data panitia (gbr 1) peserta pelatihan didominasi dari jenjang SMK/SMA dan SD/MI (34% dan 33%). Sedangkan melihat statistik peserta berdasarkan asal sekolah (gbr 2) peserta pelatihan didominasi dari Kabupaten Tegal dan Kota Tegal (48% dan 32%). Ada juga satu peserta terjauh yang berasal dari Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. 
Kepala Dinas Pendidikan Kota Tegal yang diwakili Kepala SMK Negeri 3 Tegal, Bapak Ibnu Hajar Dewantoro S.TP. M.Si saat membuka pelatihan menyambut positif kegiatan pelatihan IT (Information Technology) yang digelar oleh Formulasi. Dia berpesan agar guru dapat menerapkan Multimedia tersebut dalam pembelajaran sehingga berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan. 
Sementara itu, Pelatihan menghadirkan dua narasumber yakni Nura Uma Annisa yang merupakan Juara 1 Microsoft IT Contes Tingkat Asia Pasifik dan Estu Pitarto dari Microsoft Global Forum Finalist Eropa. Dalam paparannya kedua narasumber menyampaikan bagaimana membuat media pembelajaran berbasis PowerPoint yang sangat menarik dan interaktif, diantaranya PowerPoint yang dikenal sebagai Software Presentasi itu ternyata bisa dikemas dengan animasi, games, video dan interaktifitas lainnya serta berbagai software yang baru, sedemikian rupa sehingga sangat menarik dan interaktif. 
Hadir pula dalam pelatihan ini sekretaris Formulasi Propinsi Jawa Tengah Bapak Sukasmo, M.Pd, dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan ini dan agar bisa ditindaklanjuti di masa mendatang pada tema yang berbeda. 
  
 Gambar 1. Statistik Peserta Pelatihan Berdasarkan Jenjang Sekolah
  
Gambar 2. Statistik Peserta Pelatihan Berdasarkan Asal Kota/ Kabupaten
  
 Materi Pelatihan IT untuk Pembelajaran 2015
 Link Unduh Materi Pelatihan IT untuk Pembelajaran
Suasana saat Pelatihan IT untuk Pembelajaran
Pelatihan IT untuk Pembelajaran ~ Ahad, 5 April 2015 di Kota Tegal 

0 komentar:

Poskan Komentar