Rabu, 12 Maret 2014

Buku Siswa Simulasi Digital 2014

source : M. Iqbal  
Perubahan kurikulum yang telah dilaksanakan pada bulan Juli 2013 pada tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), menuntut berbagai penyesuaian, khususnya pada Materi Simulasi Digital. Guna menyempurnakan Materi Simulasi Digital, Direktorat PSMK Kemdikbud bekerjasama dengan SEAMOLEC Jakarta dan VEDC Malang pada hari Senin-Sabtu, 3-8 Maret 2014 bertempat di Hotel Ibis Mangga Dua Jakarta menyelenggarakan Lokakarya Penyusunan Materi Simulasi Digital, diikuti oleh 33 peserta terdiri atas Manajer dan Staff SEAMOEC, perwakilan dari VEDC Malang dan beberapa guru dari berbagai daerah.
Simulasi Digital menjadi Mata Pelajaran yang menempati pada Dasar Kompetensi Kejuruan (C2) dengan durasi 128 Jam Pelajaran (JP) di kelas X, terbagi 64 JP di semester 1 dan 64 JP di semester 2 ( atau 4 JP/pekan di semester 1 dan 4 JP/pekan di semester 2). Kenapa Simulasi Digital hanya di kelas X saja? Simulasi Digital adalah “alat”, dan bukan “tujuan belajar” sehingga implementasinya hanya pada Kelas X, sedangkan siswa Kelas XI dan Kelas XII diharapkan telah menerapkan Simulasi Digital pada aktivitas belajarnya.  
Simulasi Digital terdiri dari lima (5) kompetensi 
K1 – Komunikasi Dalam Jaringan (Daring)
K2 – Kelas Maya
K3 – Presentasi Video
K4 – Simulasi Visual
K5 – Buku Digital 
Dari lima (5) kompetensi Simulasi Digital tersebut memiliki keterkaitan antar satu kompetensi dengan kompetensi lainnya. K1 – Komunikasi Dalam Jaringan (Daring) bertujuan agar peserta didik/siswa memiliki bekal untuk memanfaatkan jejaring Internet untuk mencari dan mendapatkan informasi sebagai pendukung belajar dan dapat juga digunakan untuk mengomunikasikan gagasan atau konsepnya. Pada kompetensi komunikasi daring, peserta didik juga diajarkan etiket berkomunikasi sebagai bagian dari warga digital.  
Selain komunikasi secara daring, aktivitas siswa juga bisa dilakukan pada kelas maya. Kelas maya ini tidak hanya untuk guru Simulasi Digital saja, namun guru bidang keahlian lainpun bisa menggunakannya. Kelas maya ini harus dirancang sedemikian, sehingga siap untuk digunakan. Tidak hanya materi/bahan ajar yang disiapkan, Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kelaspun harus dirancang sesuai untuk kelas maya. Mempersiapkan kelas maya tidak sekadar menyiapkan teks, kita dituntut untuk mempersiapkan juga bahan ajar yang memudahkan siswa untuk memperkaya pengetahuannya, salah satu bahan ajar tersebut  berupa presentasi video. Presentasi video tidak hanya merekam produk, tapi juga bisa membicakanan cara kerja suatu alat, dll.
Berikut link download lima (5) materi Simulasi Digital 2014 atau :
 Download Materi Simulasi Digital versi Maret 2014

25 komentar:

  1. sudah fix kah simulasi digital ini sebagai pengganti kkpi dan diajarkan oleh guru kkpi yang di kurikulum 2013 akan hilang mapel nya?

    BalasHapus
  2. :: Menurut hemat saya ikuti saja, spt SMK Eks RSBI jg telah memasukkan SimDig ini. Yg jelas penyelenggara kegiatan ini Direktorat Pembina SMK Kemdikbud. Memang sptnya temen2 madih terkendala terkait dgn sertifikasi. Kalau utk Kota Tegal semua SMK tahun 2014 ini sdh menggunakan Kur 2013 dimsna SimDig menjadi Mapel pengganti KKPI. Demikian penjelasamnya.

    BalasHapus
  3. Saya mohon kepada Bpk Mendiknas agar simulasi digital jadi pengganti kkpi dan diajarkan oleh guru kkpi ,dan berharap guru sertifikasi kkpi tak perlu mengikuti plpg lagi agar dapat tetap mendapatkan tunjangan profesinya.

    BalasHapus
  4. makasih referensinya mohon ijinnya mencopy

    BalasHapus
  5. Mohon izin download pak, Terima kasih sebelumnya ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon pa silabusnya karena setelah saya lihat silabusnya masih acak-acakan belum sinergi

      Hapus
    2. :: Itu saja baru berupa draft. Tunggu saja info berikutnya, baru dimatangkan oleh tim dari SEAMOLEC dan VEDC Malang!

      Hapus
    3. :: Coba lihat di sini! >> Buku Siswa Simulasi Digital Kelas X semester I dan II ~ http://ow.ly/AiXOt

      Hapus
  6. Terima kasih,.Sangat membant denga menshare file SIMDIG ini..insyaallah bermamfaat...

    BalasHapus
  7. Terima kasih atas link-nya Pak. Inyong dapat referensi bagus berkat bantuan Bapak, kaya kuek

    BalasHapus
  8. maturnuwun mas, izin copy ya, untuk pembelajaran di SMK Pelita Raya Jambi (www.prjbi.blogspot.com)

    BalasHapus
  9. Terimakasih pak, Semoga Alloh.SWT permudah segala urusan anda... @tenggarong, Kaltim

    BalasHapus
  10. :: Coba lihat di sini! >> Buku Siswa Simulasi Digital Kelas X semester I dan II ~ http://ow.ly/AiXOt

    BalasHapus
  11. Link nya error ne pak...
    ada alternative link lain gak???

    BalasHapus
    Balasan
    1. :: Hiya lalu lintas berlebihan. Coba link ini Pak! : http://goo.gl/pYhHHA

      Hapus
  12. :: Silakan Pak. Linknya ini http://goo.gl/pYhHHA (GoogleDrive) yang di Dropbox lalu lintas berlebihan, akhirnya error.

    BalasHapus
  13. Terima kasih pak,, postingannya,, sangat membantu dalam mempelajari simulasi digital yang sampai saat ini masih terus saya pahami.

    BalasHapus
  14. Klo ada diklat tuk simdig konfirmadi y pak... kami dr SMK N 2 Padangpanjang br thn ini make... blom ada sosialisadi lg

    BalasHapus
    Balasan
    1. :: Info Pelatihan Master Teacher Simulasi Digital dari Direktur Pembina SMK ~ http://goo.gl/ZIExGo

      Hapus
  15. Untuk Diklat SimDig silakan hubungi di sini http://goo.gl/swywfE

    BalasHapus
  16. Kalo file untuk latihannya ada?

    BalasHapus