Senin, 10 Juni 2013

Diklat Pengembangan Bahan Ajar Digital Untuk Guru Kota Tegal

from : NURYADI
Workshop SEA EduNet 2.0 dan SEA Twinning 
Simulasi Digital akankah sebagai pengganti mata pelajaran KKPI di SMK?  Inilah salah satu pertanyaan yang sempat singgah di setiap peserta workshop dari SMK. Workshop yang diselenggarakan SEAMEO SEAMOLEC bekerjasama dengan Direktorat PSMK Kemdikbud tanggal 22-24 Mei 2013 di Hotel New Saphir, jalan Laksda Adisucipto 38 Yogyakarta ini Workshop SEA EduNet 2.0 dan SEA Twinning, diikuti peserta perwakilan Kota/Kab dari wilayah Yogyakarta, Jawa tengah dan Indonesia Barat, bertujuan untuk peningkatan mutu dan kualitas pemanfaatan TIK dalam pembelajaran serta mempersiapkan master trainer untuk penerapan kurikulum 2013
SEAMEO SEAMOLEC sebagai lembaga regional Asia Tenggara yang berfokus pada pembelajaran terbuka dan jarak jauh (PTJJ), memiliki beberapa program peningkatan kualitas sumber daya manusia dengan pemberdayaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). SEA EduNet 2.0 adalah program edukasi berbasis TIK yang bertujuan untuk mengembangkan collaborative open distance learning melalui media pembelajaran, pengembangan buku digital (digibook) serta latihan ulangan semi online bersama dengan SEA Cyber Class (SCC). Sedangkan SEA Twinning adalah program aliansi antar lembaga dalam negeri maupun Asia Tenggara yang salah satu kegiatannya adalah membuat bahan ajar bersama sesuai dengan mata diklat yang terkait dengan lapangan kerja/ kompetensi yang diperlukan oleh industri baik di Indonesia maupun di Asia Tenggara.

Adapun materi Workshop SEA EduNet 2.0 dan SEA Twinning sebagai berikut :
  • Pengembangan E-Education di SMK
  • Pengantar SEA EduNet 2.0 dan SEA Twinning
  • SEA EduNet : Model Pembelajaran Era Digital
  • Pembelajaran Kolaboratif
  • Strategi Pelaksanaan Model Pembelajaran Kolaboratif
  • Konsep dan Media dalam SEA EduNet 2.0
  • Pengenalan Digibook
  • Penyiapan Bahan Ajar untuk DigiBook
  • Konversi Bahan Ajar ke DigiBook
  • Finalisasi : Produk DigiBook
  • Sepintas tentang SEA Cyber Class (SCC)
  • Simulasi Digital untuk Kurikulum 2013
  • Pengenalan EDMODO
  • Penyiapan Bahan Ajar untuk EDMODO
  • Pengemasan Bahan Ajar ke EDMODO
Edmodo merupakan platform social media networking and learning. Peserta Workshop sangat bersemangat dan tampak tidak kesulitan pada saat melaksanakan praktek mengembangkan konten dan assessment dalam Edmodo. Salah satu hal yang menyebabkan Edmodo mudah dikuasai adalah tampilan dan tool yang user friendly di mana tampilannya mirip dengan Facebook. Peserta juga melakukan tryout pelaksanaan pembelajaran online dengan Edmodo sebagai “teacher” dan “student”.
Calibre dimanfaatkan untuk mengembangkan bahan ajar Digital Book. Hasil akhirnya berupa Digital Book berupa text dan video pembelajaran.
Berikut foto kegiatan yang sempat didokumentasikan :
 





SIMULASI DIGITAL 
Perubahan kurikulum yang akan dilaksanakan pada 15 Juli 2013 mendatang menyasar berbagai jenjang pendidikan termasuk tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Spektrum keahlian pendidikan SMK akan ikut mengalami perubahan sejalan dengan perombakan kurikulum, yakni terbagi dalam 9 Bidang Studi Keahlian, 47 Program Studi Keahlian dan 150 Kompetensi Keahlian/ Paket Keahlian.
Simulasi Digital direncanakan menjadi Mata Pelajaran yang menempati pada Dasar Kompetensi Kejuruan (C2) dengan durasi 128 Jam Pelajaran (JP) di kelas X, terbagi 64 JP di semester 1 dan 64 JP di semester 2 ( atau 4 JP/pekan di semester 1 dan 4 JP/pekan di semester 2). Adapun Kompetensi Dasar Simulasi Digital ini diharapkan :

  1. Siswa dapat melaksanakan pembelajaran kolaboratif (smtr 1)
  2. Siswa dapat memformat materi dalam bentuk buku digital (smtr 1)
  3. Siswa dapat melaksanakan interaksi dan komunikasi secara online (smtr 1)
  4. Siswa dapat membuat materi dalam bentuk video (smtr 2)
  5. Siswa dapat membuat materi dalam bentuk simulasi digital (smtr 2)
Sebagai tindak lanjut, Dinas Pendidikan Kota Tegal bekerja sama dengan SEAMOLEC akan menyelenggarakan Diklat Pengembangan Bahan Ajar Digital untuk 50 Guru selama 3 hari, pada hari Kamis s.d. Sabtu,  13 - 15 Juni 2013 bertempat di SMK Negeri 3 Tegal. Materi Diklat seperti pada materi Workshop di atas, diantaranya Edmodo, digibook dan Simulasi Digital. Berdasarkan konfirmasi dari SEAMOLEC tim yang akan datang diantaranya Bapak Jaslin Ikhsan, Ibu Arie Susanty dan Mas Iqbal. Pada akhir Diklat, diharapkan masing masing peserta dapat menghasilkan 2 (dua) bahan ajar TIK, yaitu 1) bahan ajar web dengan Edmodo, 2) Bahan ajar Digital Book.
Tahap berikutnya direncanakan untuk tingkat SMA, SMP dan SD yang terbagi dalam 10 kegiatan Diklat, dengan masing-masing Diklat diikuti 30 Guru.  Pada tahap ini selain dengan SEAMOLEC mudah-mudahan dapat dilakukan kerja sama dengan Pertamina Fondation, sesuai harapan peserta Workshop di Yogya saat menyampaikan via skype action plan dari peserta perwakilan Kota Tegal kepada Ibu Dra. Nina Nurlina Pramono,MM selaku Direktur Eksekutif Pertamina Foundation.

0 komentar:

Poskan Komentar